Rabu, 02 November 2011

Pedagang Kesulitan, Swalayan Menjamur

Pedagang di Kota Teluk Kuantan saat merasa kesulitan untuk menjual barang dagangannya. Jual beli yang biasa banyak telah berkurang drastic tanpa diketahui sebabnya. Namun sejumlah swalayan mulai berdiri dan mendapat dukungan dari pemerintah.

Keluhan itu diantaranya dari Sinur, yang mengaku biasanya jual beli banyak, namun belakangan sangat sulit, dia sendiri tidak mengetahui sebabnya. “Sudah lama kami tak belanja, yak arena barang tak jalan (laku, red),” terang Sinur dengan kesal.

Akibat sulitnya jual beli sekarang berimbas pula kepada sulitnya mengumpulkan uang untuk setoran kepada bos serta yang lainnya. “Jadi sulit untuk mengumpulkan uang untuk setor, kalau biasanya hari Rabu jual beli cukup banyak, tapi sekarang, hari Rabu atau hari Senin dan hari lainnya, sama saja,” katanya.

Ditengah kesulitannya pedagang ditingkat bawah, ternyata Pemkab Kuansing mengeluarkan kebijakan mendukung berdirinya sejumlah swalayan. Bayangkan saja, untuk di Kota Teluk Kuantan telah berdiri banyak swalayan atau minimarket yang membuat pedagang kecil kesulitan.

Seperti halnya lusa, Bupati Kuansing H Sukarmis dan sejumlah pejabat teras Kuansing dengan semangat meresmikan berdirinya satu lagi swalayan, “Mandiri Swalayan” di Kelurahan Simpang Tiga Teluk Kuantan.

Tak tanggung-tanggung, peresmian itu sekaligus penandantanganan MoU segala macam menandakan Pemkab Kuansing lebih dekat dengan investor swalayan yang diduga membuat pedagang kecil di Kuansing  mulai kesulitan.

Memang Brand Manager Mandiri Swalayan Darmawan, SH mengatakan saat itu kalau swalayannya mempekerjakan 100 orang pramuniaga yang berasal dari putra Teluk Kuantan.

Selain itu terang Darmawan, manajemen Mandiri Swalayan sangat terbuka untuk bekerjasama dengan pihak sekolah (SMK) melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL) serta kerja sama dengan kelompok tani yang ingin memasarkan hasil-hasil pertanian.

Swalayan 3 lantai itu pada lantai 1 menjual kebutuhan pokok seperti sembako dan lain-lain. Pada lantai 2 terdapat berbagai produk makanan siap saji dan di lantai 3 Mandiri Swalayan menyuguhkan aneka permainan anak-anak.(noprio sandi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar