Rabu, 17 Agustus 2011

Masyarakat Pangean Minta Listrik, Safari Ramadhan Dimasjid Rahmatullah Sako Pangean

Pangean,- Masyarakat Pangean minta agar pemerintah melalui pasangan Bupati dan wakil Bupati terpilih H Sukarmis-Drs H Zulkifli,MSi segera merealisasikan program pembangunan sebagaimana yang dijanjikan saat kampanye pada Pilkada lalu. Jangan hanya bisa berjanji tapi tak bisa menepatinya, jelas warga dusun Sako Pangean pada malam syafari ramadhan pemerintah kemarin malam (5/8)dimasjid Rahmatullah dusun Sako desa Pasar Baru Pangean.

Sejalan dengan tuntutan warga Pangean tersebut, Camat Pangean Noprion,S.Sos dalam sambutannya juga menuntut agar masyarakat dapat menyampaikan aspirasinya secara jelas yang bisa disampaikan melalui anggota Dewan dari daerah pemilihan Pangean atau disampaikan langsung kepada pemerintah. Menurutnya, dihadapan Tim syafari pemerintah yang dipimpin Wabup Drs H Zulkifli,MSi dan dihadiri sejumlah pejabat teras dan Kapolsek Pangean AKP Supriono tersebut, bagaimana mungkin pemerintah mengetahui secara detil dan urgent apa sebenarnya yang paling dibutuhkan oleh masyarakat kalau masyarakat tak berkenan menyampaikan aspirasi.

Namun dari sekian program desa yang paling urgent menurut camat adalah perlunya perhatian yang lebih khusus dari pemerintah kabupaten adalah terhadap kawasan seberang sungai Kuantan 5 desa yang tak kunjung dialiri listrik. Kawasan pemukiman diseberang sungai yang membelah kecamatan Pangean tersebut sejak puluhan tahun tak pernah mengenyam enaknya penerangan listrik PLN. Tentu saja hal itu sangat menghambat perkembangan belasan ribu masyarakat yang harus menyeberangi sungai menggunakan kompang atai rakit tersebut. Bagaimanapun, listrik sangat berpengaruh terhadap perkembangan anak sekolah yang selama ini sangat jarang mendapatkan akses informasi dari televisi yang setiap hari menyajikan beragam berita yang sangat perlu diketahui masyarakat.

Dibidang infrastrutur jalan, dirasa perlu pengaspalan kembali jalan desa Pulau Tongah yang karena umurnya memang sudah lama dengan kondisi terkini yang sudah rusak parah dan sudah hancur. Selain itu untuk meningkatkan pelayanan masyarakat yang lebih efisien, maka desa Pasar Baru Pangean perlu dimekarkan terutama dusun Sako serta dusun Sungai Langsat

Sementara itu Wabup Drs H Zulkifli,MSi mengaku Bupati dan Wakil Bupati takkan mampu membangun negeri ini kalau tidak mendapat dukungan penuh dari masyarakat. Artinya masyarakat merupakan pilar utama untuk bisa berlangsungnya program pembangunan yang diprogramkan pemerintah. Pembangunan juga akan tepat sasaran bila berdasarkan skala prioritas dari kebutuhan yang disampaikan masyarakat. Sektor perekonomian merupakan kunci untuk dapat merubah taraf kehidupan masyarakat ke arah yang lebih baik. Tentang perluasan jaringan listrik yang bersamaan dengan program nasional, pemkab Kuansing mampu menerobos program tersebut dan berhasil mendapat perluasan jaring dalam posi yang sangat besar.

Sekarang Pemkab Kuansing tengah berusaha menyelesaikan tahap awal yaitu perencanaan pembangunan bantaran/pondasi jembatan Pangean. Untuk itu perlu dukungan penuh dari masyarakat Pangean. Apalagi membangun jembatan membutuhkan biaya yang cukup besar dan perlu dukungan terutama dari masyarakat yang berada di sekitar lokasi pembangunan jembatan serta akses jalan dari dan ke jembatan tersebut serta dukungan dari APBD Provinsi dan dukungan penuh dari pemerintah pusat.

Sedangkan untuk menjaring aspirasi langsung dari masyarakat, syafari ramadhan pemerintah terang mantan Sekda tersebut dibagi kedalam 3 Tim yang masing-masing melakukan syafari ramadhan di kecamatan berbeda. Untuk malam ini (kemaren-red) Bupati melakukan syafari ramadhan di Mesjid Arrahman desa Teratak Air Hitam, saya sendiri selaku Wabup bersyafari ramadhan di Masjid Rahmatullah dusun Sako desa Pasar Baru Pangean dan Sekda di masjid Nurul Huda desa Seberang Puluau Busuk kecamatan Inuman dan begitulah seterusnya sampai semua kecamatan terjalani dan mendapat jatah syafari pemerintah yang digilir setiap tahun.

Menjelang Tausyiah atau ceramah yang disampaikan ustazd Armadis,SAg, Wabup menyampaikan sumbangan pemerintah untuk beberapa mesjid masing-masing sebesar Rp 25 juta, bantuan dari Bank Riau-Kepri serta menyampaikan bantuan yang dikumpulkan melalui Badan Amil Zakat (BAZ) Kuansing untuk kecamatan Pangean sebesar Rp 85,9 juta.(Berita : EPENDRI)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar