Senin, 02 Januari 2012

Jembatan Gantung Difungsikan


Jembatan Gantung Sawah sejak akhir Desember 2011 lalu telah bisa difungsikan masyarakat. Pemungsian jembatan ini berkaitan telah selesainya pengerjaan jembatan tersebut oleh pihak pelaksana. Otomatis membuat lalu lintas menuju kawasan seberang mulai beralih dari jembatan Pulau Bungin ke jembatan gantung Sawah khusus pengguna sepeda motor.

Berdasarkan pengamatan, sejumlah sepeda motor mulai mengalihkan rute perjalan mereka menuju dan dari kawasan seberang Kota Teluk Kuantan dari jalan melewati jembatan Pulau Bungin ke jembatan gantung Sawah.

Pengalihan itu karena jembatan gantung tersebut telah bisa difungsikan sejak akhir Desember 2011 lalu, termasuk pemanfaatan bagi masyarakat yang terkena banjir dalam mengambil bantuan banjir keposko bantuan di Pasar Teluk Kuantan beberapa waktu lalu.

Pengalihan rute tersebut membuat kawasan jalur dua Desa Sawah dan jalan KH. Umar Usman ramai dilewati pengguna sepeda motor dan itu menjadikan peluang usaha bagi masyarakat setempat memanfaatkan ramainya orang yang lewat. “Ini peluang usaha, karena sudah banyak yang lewat di jalan ini,” kata Z. Hada warga setempat.

Namun demikian, pengguna sepeda motor ternyata masih kesulitan dalam melewati jembatan itu, karena sebagian gelagar memanjang jembatan belum rata, terutama jika berselisih dua sepeda motor, menimbulkan rasa gamang, ditambah sambungan jembatan terhadap pondasinya ada perbedaan ketinggian. “Payah, kayu ndak rata,” kata seorang warga Kopah Suhendi yang menggunakan jembatan tersebut selalu.(noprio sandi)

Teks fhoto
Jembatan gantung-Jembatan gantung yang menghubungkan Desa Sawah dengan Desa Seberang Taluk Kuantan Kecamatan Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan Singingi sejak akhir Desember 2011 dan memasuki tahun baru 2012 telah dimanfaatkan masyarakat, sehubungan dengan telah selesainya pengerjaan jembatan itu. Jembatan gantung ini sempat menjadi komoditas politik, karena tergolong jembatan yang cukup lama penyelesaiannya. (noprio sandi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar