Selasa, 27 Maret 2012

Terminal Selalu Terendam

Data 19 Februari 2012
Terminal Teluk Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi jika hari hujan lebat selalu terendam. Terendamnya terminal ini diduga berkaitan dengan lokasi pembangunan terminal ini pada awalnya rawa-rawa yang ditimbun, sehingga tanah sekitar terminal tidak bisa menyerap air.

Berdasarkan pengamatan, terminal Teluk Kuantan setip terjadi hujan lebat selalu terendam oleh air, air ini keringnya agak lama, karena tidak ada drainase yang baik guna mengalirkan air, debit hujan besar, drainase tidak memadai, resapan tidak berfungsi.

Apabila telah terendam, aktivitas terminal menjadi terganggu, mobil penumpang atau yang lainnya biasanya enggan masuk terminal, karena calon penumpang pun enggan untuk memasuki terminal ini.

Sejumlah agen dari berbagai PO hanya terlihat bermenung disejumlah tempat sekitar terminal, otomatis penghasilan mereka juga menjadi menurun, bahkan mereka juga banyak yang pulang ke rumah, karena tidak memungkinkan lagi mencari rezeki.

Terndamnya terminal diduga juga akibat telah terganggunya aliran air, disekitar terminal yang juga rawa-rawa telah banyak tanahnya ditimbun untuk didirikan bangunan, baik ruko maupun rumah tempat tinggal masyarakat.

Luasan yang tergenang saat hujan itu, hampir menggenangi semua bagian terminal, kecuali bangunan tempat penjualan tiket dan tempat penumpang duduk menunggu angkutan yang kebetulan agak ditinggikan.

Satu-satunya drainase yang dijadikan tempat lewat air untuk lokasi terminal dan lokasi lainnya, drainase yang ada disamping Safari Bakery, dan drainase ini kurang bisa menampung debit air yang ada, dan drainase ini diteruskan ke Sungai Kuantan meleawati Jembatan Gantung Polong Putui Desa Sawah.

Sementara itu, drainase yang seharusnya bisa difungsikan lewat Jalan Kenangan terus ke Sungai Gemuruh Luar Parik Koto Teluk Kuantan seperti tidak berfungsi dengan baik, padahal jika drainase kea rah itu difungsikan, diprediksi akan lebih cepat bisa mengeringkan kawasan yang terendam.

Dalam pada itu, Bupati Kuantan Singingi H. Sukarmis ketika peresmian kantor sebuah bank di lokasi Jalan Imam Munandar (jalan terminal, red) mengatakan kalau tahun 2012 ini ruas jalan itu akan ditinggikan sehingga bisa terhindar dari banjir. (noprio sandi)

Teks fhoto
Terminal terendam-Terminal Teluk Kuantan selalu terendam jika ada hujan lebat. Kondisi ini telah berlangsung lama. (f.Noprio)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar