Rabu, 09 November 2011

Polres Peringati Hari Pahlawan

Jajaran Polres Kuantan Singingi memperingati hari pahlawan. Yang jadi inspektur upacara Kapolres AKBP Ristiawan Bulkhaini, SH. Pidato Menteri Sosial RI DR. Salim Segaf Al Jufri dibacakan.

Pantauan di halaman Mapolres Kuansing, sejumlah personil memakai baju khas kepolisian bagi mereka yang memiliki jabatan, dan baju dinas biasa bagi yang tidak memiliki jabatan, serta ada yang memakai baju lengan panjang putih celana hitam dengan memakai dasi, Kamis (10/11)

Kapolres Kuansing AKBP Ristiawan Bulkaini, SH dalam amanatnya yang membacakan amanat Menteri Sosial DR. Salim Segaf Al Jufri mengatakan pertempuran 10 November 1945 di Surabaya merupakan rangkaian perjuangan panjang, adalah merupakan peristiwa heroic karena memerlukan pengorbanan luar biasa dari pada pendahulu negara baik jiwa, raga maupun harta dalam merebut dan mempertahankan Republik Indonesia, kemudian peristiwa tersebut diperingati sebagai hari pahlawan.

Oleh karena itu katanya, hari pahlawan disamping untuk mengenang dan menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan/pejuang yang telah mendahului kita, juga dilaksanakan untuk menumbuhkembangkan nilai kepahlawanan.

Sebagai modal sosial untuk kemudian mengimplementasikan dan mendayagunakannya, pengangguran, ketelantaran, ketunaan sosial, korban bencana dan masalah-masalah sosial lainnya.

Semangat kepahlawanan katanya lagi yang telah ditunjukkan para pahlawan/pejuang dalam pertempuran 10 November, hendaknya dapat dihayati dan menjadi inspirasi serta sumber motivasi dalam mengisi kemerdekaan dengan berbagai program pembangunan untuk mewujudkan cita-cita kemerdekaan Republik Indonesia.

Selain itu, peringatan hari pahlawan tahun 2011 yang mengangkat tema “Dengan semangat kepahlawanan, kita bangun karakter bangsa”, kiranya juga dapat menjadi momentum untuk terus melestarikan dan mendayagunakan sikap dan prilaku para pahlawan kusuma bangsa seperti rela berkorban, pantang menyerah, percaya pada kemampuan diri sendiri, tanpa pamrih, dengan dilandasi kesetiakawanan sosial yang tinggi yang pada dasarnya merupakan nilai budaya bangsa untuk membangun karakter bangsa berdasarkan Pancasila dalam bingkai negara kesatuan Republik Indonesia.

Melalui momentum peringatan hari pahlawan diharapkan  dapat terbangun karakter bangsa yang kuat dan kokoh untuk dapat dijadikan sebagai energi penggerak kemajuan bangsa, sehingga bangsa Indonesia tidak akan terombang ambing dan kehilangan arah ditengah derasnya arus globalisasi serta dapat menghadapi segala tantangan, baik yang berasal dari dalam maupun dari luar.

Untuk itu, diajaknya menggelorakan semangat kepahlawanan dengan dilandasi nilai-nilai kesetiakawanan sosial yang tinggi serta rapatkan barisan membangun negeri untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat.

Sehingga bangsa Indonesia dapat menjadi bangsa bermartabat yang dapat berdiri sejajar dengan negara lain serta keutuhan negara kesatuan Republik Indonesia dapat terus terjaga.

Oleh karena itu, memperingati hari pahlawan diajaknya dengan khitmat dengan lebih mengedepankan upaya-upaya untuk menumbuhkembangkan nilai-nilai kepahlawanan kepada masyarakat khususnya generasi muda, dengan melibatkan semua unsur masyarkat dan komponen bangsa.(noprio sandi)

Teks fhoto
Foto bersama di lapangan- Kapolres Kuansing AKBP Ristiawan Bulkaini SH foto bersama sejumlah perwira dan anggota polisi lainnya usai upacara peringatan hari Pahlawan di halaman Mapolres Kuansing, Kamis (10/11). (Humas Polres/Bambang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar