Rabu, 01 Juni 2011

BPS Segera Lakukan Sensus Sapi

Menuju swasembada daging tahun 2014, tahun 2011 ini, BPS akan melaksanakan sensus sapi. Selain tujuannya untuk mengetahui jumlah sapi di Indonesia, pusat juga ingin melakukan maping daerah peternakan sapi untuk melaksanakan program yang mendukung upaya Indonesia swasembada daging 2014.

Kata Kepala BPS Riau, Abdul Manaf Rabu (1/6/11) kepada Riau Terkini mengatakan bahwa sensus yang akan dilakukan ini akan melakukan pendataan hewan ternak sapi dan kerbau di seluruh kabupaten/kota di Riau. Data tersebut kemudian akan dimaping dan diserahkan ke pusat. Gunanya adalah untuk mengetahui daerah potensial untuk ternak sapi.

"Sensus sapi 2011 berbudget Rp 3 milyar ini akan dilaksanakan sepanjang bulan Juni 2011 dengan jumlah petugas yang dilibatkan sebanyak 2000 orang petugas. Mereka akan mulai turun melakukan pendataan besok tanggal 2 Juni 2011," terangnya.

Disinggung mengenai kabupaten/kota yang berpotensi ternak sapi dan kerbau, Abdul Manaf mengatakan bahwa data awal menunjukkan bahwa kabupaten/kota di Riau yang berpotensi ternak sapi dan kerbau adalah Kuansing, Kampar, Rohul, Pelalawan dan Inhu.(Noprio Sandi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar