Rabu, 01 Juni 2011

BUPATI KUANSING PERIODE 2011-2016 DILANTIK

Bupati Kuansing H Sukarmis dan Wakil Bupati Drs H Zulkifli bisa bernapas lega, pasalnya ketika masa jabatan bupati periode 2006-2011 habis tanggal 31 Mei 2011, mereka bisa melanjutkan kepemimpinan Kabupaten Kuantan Singingi pada tanggal 1 Juni 2011. Kelanjutan itu dibuktikan dengan dilantiknya mereka atas nama Presiden Republik Indonesia melalui Menteri Dalam Negeri yang dilantik Gubernur Riau Drs Rusli Zainal SE MP.

Sebelum pelantikan sampai usai pelantikan, kawasan yang menjadi tempat pelantikan gedung dan jalan Abdoer Rauf dijaga ketat aparat keamanan, bahkan simpang lampu merah Abdoer Rauf, tugu carano sampai simpang TK Pembina dijaga aparat, tidak mudah untuk melewati kawasan ini.

Mereka yang memiliki undangan saja yang bisa masuk, karena mulai dari persimpangan jalan, aparat keamanan telah menanyai tujuan perjalanan masyarakat, bahkan sejumlah rute perjalanan dialihkan, tak diketahui secara pasti ancaman seperti apa sebenarnya yang akan mengamcam pelantikan jika tidak dijaga super ketat ini.

Setelah memasuki pekarangan gedung Abdoer Rauf, ternyata tidak seketat yang dibayangkan, dijalan masuk menuju gedung, banyak panitia yang memakai jas warna gelap dengan label panitia berdiri menanti kedatangan tamu, namun mereka kurang sigap, karena banyak tamu yang kebingungan mencari tempat duduk mereka sesuai undangan, karena berdasarkan undangan yang ada, tamu sebagian duduk di dalam gedung, sebagian lagi duduk di luar gedung bagian sisi kiri dan kanan dengan tenda yang telah disediakan.

Salah seorang tamu yang paling istimewa dan bersejarah dalam perjalanan demokrasi Kuansing dengan kehadiran Drs Mursini, M.Si dengan istri Dra Emi Safitri Mursini, dia merupakan calon bupati yang kalah oleh pasangan Sukarmis-Zulkifli, bahkan sampai ke MK, Mursini kemudian berlalu memasuki gedung Abdoer Rauf.

Tamu yang hadir lainya terlihat Ketua DPRD Provinsi Riau H Djohar Firdaus, dia masuk bersama tamu yang memakai dasi yang merupakan kepala-kepala sekolah se-Kuansing, sepertinya kepala sekolah ini mendapat perhatian khusus dari panitia dengan ramainya mereka terlihat hadir.

Tidak lama berselang, prokoler gubernur menyuruh undangan yang ada untuk mengosongkan ruas jalan, karena rombongan akan segera masuk, dan yang paling ditunggu Gubernur Riau H. M. Rusli Zainal, SE, MP, dia ternyata menuju Kuansing dari Pekanbaru menggunakan helikopter, dan beristirahat sejenak di rumah dinas yang tidak jauh dari lokasi pelantikan, dan tidak lama berselang yang ditunggu juga datang.

Rusli Zainal diberi kalung bunga, setelah itu tangan salah seorang ninik mamak asal Sentajo Djalinus terlihat menyambangi tangan Rusli Zainal, Djalinus sepertinya mengucapkan petatah petitih kepada Rusli, dan disamping Djalinus ada Suryawan Datuak Mudo Bisai, orang yang paling ditunggu itu disuruh masuk ke dalam ruangan.

Rusli dan rombongan masuk, tetapi tidak serta merta bisa langsung masuk, ternyata dipintu masuk utama satu-satunya yang dibuka harus diperiksa dengan metal detector terlebih dahulu, semua benda yang mengandung besi, rata-rata handphone dikeluarkan dari saku, dan yang paling banyak ditemui adalah korel api gas yang harus diserahkan kepada aparat.

Didalam ruangan telah ada undangan serta anggota DPRD Kuansing, dan pada bagian atasnya tertulis spanduk Rapat Paripurna Istimewa DPRD Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Kuantan Singingi Periode 2011-2016.

Sidang paripurnapun dimulai, diawali dengan pengantar oleh Sekretaris DPRD Ir. Maisir tentang kehadiran anggota DPRD Kuansing, dari 35 orang anggota yang tidak hadir hanya 1 orang tanpa keterangan, siapa yang tidak hadir tersebut tidak dijelaskan oleh Maisir.

Sidang paripurna dipimpin Ketua DPRD Muslim, S.Sos didampingi Wakil Ketua Sardiono A.Md dan Elpius, pelantikan itu sendiri berada disela-sela sidang, yang terlebih dahulu diambil sumpahnya termasuk diletakkan Al Qur'an diatas kepala Sukarmis-Zulkifli.


Sederhana saja, usai prosesi pelantikan dan pimpinan sidang Murslim menutup secara resmi paripurna itu, dilanjutkan dengan acara bersalaman sebagai tanda pemberian ucapan selamat yang didahului oleh Rusli Zainal, Wakil Gubernur Mambang Mit termasuk calon bupati yang kalah Drs. H. Mursini, M.Si. (noprio sandi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar