Senin, 26 Maret 2012

Terkait Sumur Minyak, Desa Belum Lapor Camat

Data 16 Februari 2012
Rasa kesal ternyata juga dialami Camat Pangean Novrion, S.Sos. Pasalnya kedatangan tamu penting Universitas Islam Riau (UIR) di kecamatannya untuk meninjau sumur minyak pada suatu desa ternyata tidak dilaporkan pihak desa. Dia berharap, kedepan, apapun kejadian di desa yang penting perlu dilaporkan ke pihak kecamatan.

Rasa kesal tersebut terungkap ketika Camat Pangean Novrion, S.Sos dihubungi Kamis (16/2) untuk menanyakan perkembangan terkini terkait sumur minyak yang ada di kecamatan itu. “Pihak desa tak ada beri laporan ke kecamatan,” ungkap Novrion kesal.

Apalagi beberapa waktu lalu, pihak kecamatan hanya mendapatkan informasi dari luar, tentang adanya tim dari Universitas Islam Riau (UIR) melakukan penelitian ke sumur minyak di salah satu desa di kecamatan itu.

Terkait sumur minyak ini, Novrion juga tidak menapik kemungkinan telah ada tindakan teknis lebih jauh oleh dinas terkait, namun dirinya belum mengetahui secara detail, karena dirinya menjadi camat ditempat itu juga belum lama, dan dia hanya bisa mengatakan untuk menunggu saja hasil lebih lanjut.

Maka demikian, Novrion berharap kepada pihak desa jika ada kegiatan-kegiatan atau kejaian penting di masing-masing desa agar memberikan laporan kepada pihak kecamatan, apalagi menyangkut kedatangan tamu penting seperti dari UIR, jika ada laporan diperkirakannya pihak kecamatan juga bisa mendampingi untuk turun ke lokasi.

Sementara itu, Kepala Desa Pembatang Pangean, Hardi Sasmita ketika dihubungi melalui selulernya secara terpisah mengakui pihaknya memang belum melaporkan secara resmi kepada pihak kecamatan, namun secara lisan telah diberi tahu.

Tidak memberitahukan secara resmi tersebut menurut Hardi Sasmita dikarenakan pihak UIR yang turun juga bersifat silaturahmi dan tidak dalam bentuk kunjungan resmi, namun demikian meski tidak resmi memang mereka langsung mengambil sample.

Sample yang diambil menurut Hardi Samita juga telah diketahui oleh pihak Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Kuantan Singingi dan sample itu telah dibawa ke Jakarta untuk dilakukan penelitian lebih lanjut.

Sebelumnya, berdasarkan informasi yang berhasil dirangkum, tim dari Jurusan Perminyakan Fakultas Teknik Universitas Islam Riau (UIR) mengunjungi sumur yang diduga mengandung minyak milik warga di Desa Pembatang Kecamatan Pangean, Senin (13/2) lalu.

Tim dari UIR ini mengunjungi Desa Pembatang Pangean melihat secara dekat guna memastikan indikasi ada minyak di Dusun Tombang Desa Pembatang Pangean. Tim ini dipimpin langsung oleh Ketua Jurusan Teknik Perminyakan UIR, Muslim MT, Herawati, Dr Marsidah dan Novi Arita.(noprio sandi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar