Kamis, 19 Januari 2012

90 Persen Hidup Tanaman Sport


Teluk Kuantan --- Penghijauan kawasan sport center dan Mesjid Agung yang dilakukan termasuk pada pencanangan gerakanan penanaman 1 Milyar pohon oleh Gubri H M Rusli Zainal, SE, MP cukup berhasil Dari 1000 pohon yang ditanam di kawasan ini 90 persen masih hidup.

Hal tersebut dikatakan oleh Kadis Kehutanan Kuansing, Ir Pebrian Swanda, S.Hut di ruang kerjanya, saat ditanya perkembangan penghijauan dikawasan tersebut. " Kalau disekitar stadion sport centre Kita tanam sebanyak 300 batang, tapi kalau digabung dengan kawasan Mesjid Agung ada 1000 batang pohon yang Kita tanam,"ujar Pebrian Swanda.

Pasalnya setiap bulan kata Pebrian Swanda, pohon-pohon yang sudah ditanam tersebut dilakukan pemeliharaan dan peninjauan oleh staf Dinas Kehutanan. Karena fihaknya tidak menginginkan pohon-pohon yang telah ditanam dengan susah payah tersebut akan mati sia-sia dan tidak sesuai dengan tujuan penanaman sejak semula.
" Tidak benar kalau sudah ditanam lalu dibiarkan begitu saja, melainkan Kita rawat namun karena berbagai keterbatasan, hanya dilakukan sekali dalam sebulan,"ujarnya. 

Kalaupun ada pohon-pohon yang mati ujarnya, disebabkan oleh hama berupa ternak yang berkeliaran. Karena jika pohon sudah setinggi 1 meter, biasanya ternak-ternak yang berkeliaran akan memakannya." Walapun dipagar kadang-kadang pagar tersebut didorong oleh ternak yang ada sehingga tumbang dan pohon yang masih mudah tersebut juga patah.

Dishut sendiri sebutnya, sangat berharap pohon-pohon yang ditanam di tempat tersebut akan hidup sampai besar. Dengan demikian, akan menjadi kawasan hijau dan kawasan lindung bagi daerah sekitarnya.
" Kalau tumbuh hingga besar  alangkah indahnya kawasan tersebut,"ujarnya.

Kemudian lanjutnya, kegiatan penanaman tersebut merupakan stimulan bagi gerakan penanaman pohon ditengah-tengah masyarakat. Karena itu Dishut sendiri dalam berbagai kegiatan penanaman pohon selalu melibatkan unsur pegawai, OKP, siswa, mahasiswa dan kelompok pecinta lingkungan yang ada.
" Kalau sudah tumbuh jiwa korsa menanam, maka penanaman pohon akan dilakukan secara massal oleh warga masyarakat,'pungkasnya kepada wartawan.(andi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar