Rabu, 21 Maret 2012

Tingkatkan PAD, Dinas Peternakan Andalkan Penggemukan Sapi

Data 7 Febaruari 2012
Untuk meningkat Pendapatan Asli Daerah (PAD), semua satker diminta meningkatkan andalan mereka guna menambah PAD. Salah satunya Dinas Peternakan Kabupaten Kuantan Singingi, mereka meningkatkan PAD dengan mengandalkan penggemukan sapi.

Andalan Dinas Peternakan tersebut diakui Kepala Dinas Peternakan Kuansing Masri AS belum lama ini di ruang kerjanya, dengan lokasi penggemukan di UPT Teratak Air HItam sebanyak 42 ekor, dan penggemukan diprediksinya bisa sebanyak tiga kali.

Harapan dari penggemukan sapi ini kata Masri dijadikan sumber PAD, karena saat ini Pemkab Kuansing sedang giat-giatnya meningkatkan PAD tersebut, sesuai beberapa kali mengadakan hearing dengan DPRD.

“Yang penggemukan sapi termasuk penjualan usaha produk daerah, itu nanti akan kito cubo tahun 2012, mungkin minggu atau bulan depan kita akan coba lakukan tender, bulan April sesuai dengan bupati semuanya sudah ditender, karena itu memerlukan tender, sehingga dalam beberapa bulan setelah itu, penggemukan itu bisa kita pasarkan,” jelas Masri yang sebelumnya pernah menjabat Kabag Ekbang Setda.

Nanti, lanjut Masri, keuntungan penjualan akan dijadikan PAD, sementara modal yang ada akan dibelikan lagi ternak untuk digemukkan kembali.

Kemudian di lokasi UPT Teratak Air Hitam ini tambah Masri, pihaknya memiliki ternak untuk dibudidayakan, dan dia menilai kegiatan ini kurang efektif karena dinilai tidak berkembang dan tidak memberikan hasil yang signifikan

Sebagian dari budidaya itu memang telah diintensifkan terhadap ternak jantan, hasilnya cukup memuaskan, namun belum dipasarkan, pihaknya masih mengkaji bagaimana pengelolaan asset itu dengan benar.

“Kalau nanti itu dijual, ado legalitas produk yang harus kita siapkan dalam bentuk Perturan Bupati..Perda yang ada, terobosan-terobosan yang kita lakukan,” katanya. (noprio sandi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar