Selasa, 19 Juni 2012

Diskes Umumkan Secepatkan Hasil Tes PTT

Data 16 April 2012

Dinas Kesehatan Kabupaten Kuantan Singingi berjanji akan mengumumkan secepatnya hasil tes bidan PTT yang telah melakukan tes Sabtu (14/4) lalu. Menggesa pengumuman untuk menghindari adanya permainan yang kurang baik atas kelulusan bidan PTT itu.

“Secepatnnya, tergantung hasil pemeriksaan tes itu,” kata Kepala Dinas Kesehatan dr. Djasmudin Djalal, M.Kes, Senin (16/4) di ruang kerjannya tanpa memberi rincian tanggal pasti pengumuman itu dan tidak membuat jadwal tertentu.

Sebanyak 245 orang bidan PTT katanya telah mengikuti tes yang dilaksanakan Sabtu (14/4) itu yang akan diterima sebanyak 20 orang saja, yang akan ditempatkan disejumlah Pusat Kesehatan Desa (puskesdes) diberbagai desa di Kuansing.

Diakuinya, saat ini sebanyak 36 desa di Kuansing masih belum memiliki bidan desa yang berdomisili ditempat tersebut, namun saat ini baru akan diisi oleh 20 bidan desa hasil tes bidan PTT ini, dan untuk sementara diperbantukan bidan dari puskesmas terdekat.

Akibat sifatnya diperbantukan bidan dari puskesmas untuk desa-desa tertentu, pelayanan kepada masyarakat agak terganggu, karena resikonya, bidan itu tidak tinggal didesa itu, sehingga sering terjadi komplain dari kepala desa dan masyarakat, saat ada masyarakat melahirkan, bidan desa tidak berada ditempat.

Makanya, jika nanti 20 orang bidan PTT ini ditempat diberbagai desa, pihaknya mewajibkan bidan itu tinggal dipuskesdes masing-masing untuk menjadi tenaga bidan desa memberikan pelayanan persalinan.

Ditambah lagi saat ini menurut Djasmudin, sudah ada Jaminan Persalinan (Jampersal) bagi masyarakat, sehingga persalinan masyarakat telah gratis, biayannya ditanggung pemerintah melalui satker Dinas Kesehatan. (noprio sandi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar