Selasa, 19 Juni 2012

Terminal Teluk Kuantan Sulit Dikembangkan

Data 17 April 2012

Ditinjau dari pengembangan Tata Ruang dan Kota, terminal Teluk Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi sulit dikembangkan menjadi terminal yang lebih baik. Pasalnya, sejumlah angkutan pedesaan sesuai konsepnya kurang mendatangi terminal ini dikarenakan sejumlah pasar desa di Kuansing telah berfungsi.

Sulitnya pengembangan terminal Teluk Kuantan itu dikatakan Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Kuantan Singingi Fahrudin, ST, lusa di Teluk Kuantan. Sulit untuk mengembangkan terminal Teluk Kuantan itu,” keluhnya.

Kesulitan itu menurutnya dikarenakan konsep awal terminal yang direncanakan untuk menampung sejumlah mobil angkutan pedesaan dan perkotaan ternyata tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Untuk angkutan pedesaan itu sendiri, masyarakat dari berbagai desa dari beberapa kecamatan di Kuansing biasanya berbelanja ke Teluk Kuantan, namun saat ini mereka berbelanja di pasar desa mereka masing-masing.

Fahrudin mencontohkan, masyarakat Desa Serosah dan Mudik Ulo Kecamatan Hulu Kuantan yang biasa berbelanja ke Teluk Kuantan. Sekarang cukup berbelanja di desa mereka masing-masing karena telah ada pasar.

Termasuk desa yang cukup dekat dari Kota Teluk Kuantan, Desa Jake Kecamatan Kuantan Tengah, Desa Jake sudah memiliki pasar, yang otomatis masyarakatnya lebih cendrung berbelanja ke pasar desa mereka.

Berdasarkan pengamatan, Selasa (17/4) Pasar Jake sangat ramai dikunjungi masyarakat disana, termasuk ramainya pedagang yang datang berjualan, ramai tersebut mulai dari sore hingga malam hari.

Kemudian sulitnya mengembangkan terminal Teluk Kuantan tambah Fahrudin dikarenakan masyarakat Kuansing saat ini lebih cendrung menggunakan travel untuk berangkat ke Pekanbaru dibandingkan dengan menggunakan angkutan umum, sehingga mereka tidak lagi mendatangi terminal. (noprio sandi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar