Selasa, 19 Juni 2012

Kuansing Belum Miliki Balai Wartawan

Data 8 April 2012


Kabupaten Kuantan Singingi sampai saat ini belum memiliki Balai Wartawan. Kepemilikian Balai Wartawan ini baru ada di Kabupaten Rokan Hilir, bahkan Balai Wartawan di Rohil ini diklaim sebagai Balai Wartawan terbaik di Indonesia untuk tingkat kabupaten/kota.

Untuk sebagai tempat berkumpul wartawan di Kuansing, Pemkab Kuansing melalui organisasi wartawan yang ada hanya mampu membantu dalam bentuk sewa kantor, dan setiap tahunnya harus diupayakan sewa tersebut.

Sementara itu, Balai Wartawan telah dimiliki kabupaten/kota lain di Provinsi Riau, diantaranya di Kabupaten Rokan Hilir, disini telah disediakan Balai Wartawan lengkap dengan berbagai fasilitasnya.

Dalam peresmian Balai Wartawan tersebut (5/4) lalu, Ketua Cabang PWi Riau H. Dheni Kurnia menyatakan salut atas perhatian Pemkab Rohil terhadap kegiatan jurnalistik di kabupaten itu, sehingga memiliki Balai Wartawan, mengalahkan Provinsi Riau, karena untuk Provinsi Riau, kantornya direncanakan peresmiannya menjelang PON. “Rokan Hilir ini mengalahkan Provinsi Riau,” pujinya disambut tepuk tangan sejumlah wartawan.

Dalma pada itu, Ketua Dewan Penasehat PWI Pusat Tarman Azam dalam kesempatan tersebut menyatakan kalau Balau Wartawan yang dimiliki Rohil merupakan Balai Wartawan terbaik di seluruh Indonesia untuk tingkatan kabupaten/kota.

Hanya saja dia memberi saran agar Balai Wartawan ini diserahkan saja kepada PWI agar jelas siapa yang akan mengelolanya. Kondisi ini berdasarkan pengalaman dari Provinsi Kepulauan Riau yang pernah memiliki Balai Wartawan akhirnya diambil kembali Pemprov Kepri karena terjadi keributan terhadap siapa yang bertanggung jawab mengelola tempat itu, dan kurang terjaga.

Ditempat itu, Bupati Rokan Hilir Annas Maakmun menyatakan Balai Wartawan ini disediakan untuk wartawan sebagai bentuk kepedulian Pemkab Rohil terhadap kegiatan wartawan di Rokan Hilir itu.

Bahkan tidak tanggung-tanggung, Balai Wartawan yang sudah baik tersebut ternyata masih akan digantikan di pinggir pantai dengan Balai Wartawan yang lebih representative, berlantai dua bersamaan dengan kantor Pramuka dan beberapa kantor lainnya.

Annas Maakmun menyarankan kepada wartawan di Rohil agar Balai Wartawan itu dijaga, dan akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas lainnya seperti WC, dan jangan sampai Balai Wartawan ini dijadikan tempat menghisap narkoba oleh generasi muda. (noprio sandi)

Teks fhoto
Balai wartawan-Sejumlah wartawan dari Provinsi Riau foto bersama Bupati Rokan Hilir Annas Maakmun didepan Balai Wartawan, Kamis (5/4), usai peresmiannya. (f.Noprio)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar