Selasa, 19 Juni 2012

Verifikasi Penerima Kebun TSM Masih Dikeluhkan

Data 18 April 2012

Masyarakat yang seharunya mendapatkan jatah kebun setelah hasil verifikasi pemerintah di lima desa di Singingi Hilir kerja sama dengan PT SAR masih ada yang belum mendapatkannya. Padahal sebagai warga yang tergolong Transmigrasi Swakarsa Mandiri (TSM) seharusnya mendapatkan, banyak yang mengeluh.

Salah seorang pihak keluarga yang mengeluh Andi di Desa Beringin Jaya Kecamatan Singingi Hilir melalui selulernya mengatakan setelah adanya verifikasi yang dibantu pihak Pemkab Kuansing malah hasilnya makin amburadul.

Mereka yang seharusnya mendapatkan jatah kebun seperti yang dialami keluargannya, ternyata tidak mendapatkan sama sekali, sementara cadangan lahan restance yang seharusnya bisa diperuntukkan bagi yang belum dapat, malah diperoleh oleh warga luar, bahkan ada warga yang berasal dari Pekanbaru.

Andi tidak mengetahui secara pasti apa penyebab permasalahan ini muncul dan tidak mendapatkan penjelasan yang memuaskan dari pihak koperasi dan desa, sehingga mereka kebingungan kemana lagi harus mengadu.

Sementara itu keluhan lain dari warga Desa Suka Damai, Edi, mereka mendapatkan lahan pembangian, namun luasan lahan yang diperoleh tidak sama, orang dalam mendapatkan 1,5 ha, sedangkan orang luar mendapatkan 1 ha.

Mereka tergabung dalam koperasi Setia Kawan yang tergolong TSM juga, dan keluhan yang dialami anggota kelompok tani disana juga sama dengan keluhan yang dialami sejumlah desa lainnya, karena untuk permasalahan ini dialami oleh masyarakat lima desa, dia tidak merincinya.

Kepala Dinas Perkebunan Kuansing Wariman DW, SP dihubungi dikantornya tidak mau banyak memberikan komentar, karena belum mendalami permasalahan ini, namun Kabid Pengenbangan dan Pengawasan Usaha Dinas Perkebunan Emtoni membenarkan kalau masyarakat TSM sekarang sedang mengeluh atas pembagian lahan. (noprio sandi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar