Selasa, 19 Juni 2012

Pengendara Antri Beli BBM

Data 3 April 2012


Meski harga BBM tidak jadi dinaikkan, SPBU di Kota Teluk Kuantan tetap dipadati antrian kendaraan. Tidak jelas penyebab mengapa kondisi ini tetap terjadi, termasuk SPBU ini sering kehabisan BBM.

Berdasarkan pengamatan Selasa (3/4) di SPBU Sungai Jering Teluk Kuantan pukul 9.00 WIB, antrian kendaraan terlihat panjang, baik sepeda motor maupun kendaraan roda empat.

Antrian terpanjang itu berada di pengisian premium, sedangkan untuk pengisian solar cukup lengang dan hanya terlihat beberapa buah kendaraan berat mengisi bahan bakar solar ini.

Akibat antrian yang panjang, banyak dari pengendara terutama kendaraan roda dua lebih memilih mencari alternative lain untuk mengisi BBM, karena diperkirakan antrian untuk sampai urutan antrian memakan satu hingga dua jam.

Hari sebelumnya, stok BBM di SPBU ini cepat habis, habis itu biasanya siang hari, dan apabila masyarakat berniat mau mengisi BBM sore hari, alamat tidak akan menemukan BBM, tetapi hanya mendapati SPBU kosong tak ada kendaraan.

Saat adanya penertiban BBM beberapa waktu lalu dan adanya pelarangan pembelian BBM menggunakan jerigen, stok SPBU ini tetap ada jika masyarakat ingin mengisi, kuat dugaan habisnya stok BBM di SPBU ini akibat pengisian jerigen, baik yang menggunakan kartu kendali maupun yang membeli secara illegal.

Sedangkan untuk BBM jenis solar, belum ada pembatasan jelas antara pengguna masyarakat umum dengan pihak industri, dimana hampir semua dump truk atau kebutuhan untuk alat berat diisi di SPBU ini.

Kapolres Kuansing AKBP Wendry Purbiyantoro, SH menegaskan alat berat yang bekerja untuk proyek pemerintah sekalipun harus menggunakan BBM industri bukan BBM bersubsidi.

Bahkan Wendry tidak menapik adanya pengusaha yang berusaha mendekatinya meminta pengawalan dalam pendistribusian BBM bersubdisi ke industri terhadap proyek pemerintah, namun dirinya tidak bersedia, dan menyarankan kepada pengusaha tersebut agar mendatangi Pertamina untuk membeli BBM industri. (noprio sandi)

Teks fhoto
SPBU-SPBU Sungai Jering Teluk Kuantan terlihat penuhi kendaraan antri. Padahal BBM tidak jadi naik. (f.Noprio)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar