Selasa, 19 Juni 2012

Kebutuhan Rumah Meningkat


Data 2 April 2012
Hampir setiap hari terlihat orang mondar mandir mencari rumah tempat tinggal. Kebanyakan dari mereka mencari rumah dipinggir jalan sekaligus tempat usaha. Kebutuhan akan rumah ini paling mencolok di ibu kota Kuansing, Teluk Kuantan.

Berdasarkan pengamatan, sejumlah orang selalu mondar mandir mencari rumah sewaan di Jalan Abdoer Rauf dan beberapa tempat lainnya di Kelurahan Sungai Jering Teluk Kuantan.

Menurut salah seorang pemilik rumah sewa Yuli, peminat rumah sewa ini selalu ada, rumah sewaan yang dimilikinya jarang yang kosong, jika adapun yang kosong itu tidak berlangsung lama, ada lagi yang mau menempati.

Biasanya yang berminat menempati rumah sewa di tempatnya menurut Yuli mencari lokasi yang nyaman dari berbagai gangguan keamanan, atau yang tidak bising dimalam hari.

Sementara itu beberapa pencari ruma sewa mengaku juga suka mencari rumah sewa dipinggir jalan, dengan alasan tertentu, terutama bisa memanfaatkan pinggir jalan tersebut sebagai tempat usaha.

Diberbagai tempat, kebutuhan akan rumah juga diiringi dengan kebutuhan akan tanah perumahan, terlihat sejumlah tempat pengaplingan tanah cukup laris manis, bahkan ada beberapa lokasi pengaplingan tanah dalam waktu singat habis terjual.

Kaplingan tanah juga mulai dilakukan masyarakat di sekitar Desa Beringin Teluk Kuantan, menurut salah seorang pegapling tanah Ita, kaplingan ini dengan harga bervariasi sesuai lokasi tanah, tanah yang dikaplingnya ada beberapa kaplingan yang telah terjual, dan masih ada lagi yang belum terjual.

Kebutuhan akan rumah juga disikapi sebagian masyarakat dengan membeli perumahan yang telah banyak dibuat pengembang di Kuansing, lokasi pembuatan rumah oleh developer ini sekitar belakang kuburan Cina, dekat Gardu Induk dan sejumlah lokasi yang juga berada di Kelurahan Sungai Jering.

Ijon salah seorang pembeli rumah di perumahan Cempaka mengaku membutuhkan rumah karena telah memiliki uang cukup, dia mengaku langsung membeli secara cash perumahan yang ada di komplek perumahan yang dimilikinya, yang kebetulan laris manis.

Selain perumahan Cempaka, perumahan yang laris saat ini Perumahan Graha Kuantan Cemerlang di sekitar Gardu Induk PLN Teluk Kuantan, sejumlah rumah yang dibuat ditempat ini terlihat telah ditempati pemiliknya, dan sejumlah fasilitas termasuk listrik sudah tersedia. (noprio sandi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar