Minggu, 10 Juni 2012

Petani Mulai Menyabit Padi

Data 2 April 2012


Masyarakat Kabupaten Kuantan Singingi saat ini telah menyabit padi. Kegiatan menanam padi merupakan kegiatan sampingan bagi masyarakat, karena menanam padi hanya dilakukan sekali dalam setahun. Padi yang disabit belum merata di wilayah Kuansing.

Menurut salah seorang masyarakat Kecamatan Kuantan Mudik Reflizar kemarin, dirinya sedang menyabit padi, menjadi petani ini tidak pekerjaan tetapnya melainkan pekerjaan sampingan disaat musim tanam.

Berdasarkan pengamatan di Kecamatan Kuantan Mudik dan Hulu Kuantan, padi masyarakat sudah menguning, dan mereka telah melakukan penyabitan padi, ada yang berkelompok dan ada yang perorangan.

Untuk dua kecamatan itu, padi masyarakat tumbuh dengan baik, banjir yang sempat melanda tanaman padi diwaktu baru ditanam beberapa waktu lalu ternyata tidak berpengaruh banyak terhadap kerusakan padi, padi tersebut tetap berhasil.

Namun demikian, padi yang ada disebagian Kecamatan Gunung Toar, Kecamatan Kuantan Tengah sampai ke bagian hilir kondisinya belum siap panen sama sekali, bahkan padi yang tidak merata tersebut kurang terlihat baik.

Terlebih di Kecamatan Kuantan Tengah, ada beberapa tempat sawah masyarakat yang padinya tumbuh kurang subur, termasuk beberapa kawasan padi yang ada di sekitar persawahan Batu Ampar Beringin-Sawah Teluk Kuantan.

Malah, ada sebagian dari persawahan masyarakat yang tidak dijadikan sawah oleh pemiliknya, saat ini persawahan itu telah tumbuh semak yang cukip tinggi, diperkirakan pada musim tanam tahun depan akan lebih susah lagi untuk membersihkannya.

Sebagian masyarakat Kecamatan Kuantan Tengah mulai menjemur padi mereka setelah dipanen, mejemur ini untuk segera dilakukan penumbukan padi di tempat penggilingan padi.

Sementara itu disejumlah mini market atau pusat perbelanjaan beras dari Provinsi Sumatera Barat tetap mendominasi sejumlah tempat perbelanjaan tersebut, masyarakat juga cendrung membeli beras di mini market tersebut. (noprio sandi)

Teks fhoto
Padi-Masyarakat di Kecamatan Kuantan Mudik bergotong royong menyabit padi. (f.Noprio)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar