Minggu, 10 Juni 2012

Usai Pemilukada, 27 PNS Pindah Dari Kuansing

Data 24 Feb 2012


Usai pelaksanaan pemilihan umum kepala daerah beberapa waktu lalu, tercatat lebih dari 27 orang Pengawai Negeri Sipil (PNS) lingkup Pemkab Kuansing pindah ke tempat lain. Tujuan pindah Pemerintah Provinsi Riau, Kabupaten Anambas Provinsi Kepulauan Riau, Kota Pekanbaru, Kabupaten Meranti.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Kuantan Singingi Ramli, S.Sos ditemui diruang kerjanya Jum’at (24/2) mengakui ada sejumlah PNS yang telah pindah ketempat lain, berapa jumlahnya, dia mempersilahkan untuk menanyakan langsung ke Iwan Susandra, S.Sos Kabid Administrasi Kepegawaian kantor itu.

Ketika Iwan Susandra, S.Sos ditemui, dia juga mengaku tidak memiliki data lengkap, dan setelah itu dia memanggil Kasubid Mutasi & Kepangkatan Anisaldi, SE, dan ternyata subid ini memang menangani masalah ini.

Tercacat telah 19 orang pindah dan telah ada Surat Keterangan Pemberhentian pembayaran (SKPP) gaji, tujuan pindah Pemerintah Provinsi Riau, Kota Pekanbaru dan Kabupaten Meranti (2 orang).

Selain yang 19 orang tersebut, ternyata juga telah ada pindah sebanyak empat orang ke Kabupaten Anambas Provinsi Kepulauan Riau, dan juga ada empat lagi dalam proses pindah (sudah dilepas Kuansing, red) untuk tujuan Pemerintah Provinsi Riau.

Kepindahan sejumlah pegawai tersebut menurut Iwan tidak ada dikarenakan alasan politik, melainkan dengan alasan menambah wawasan, ada yang alasan merawat orang tua sakit, dan ada yang melanjutkan pendidikan S-2.

Sementara itu, setelah pemilukada, pihaknya telah mempromosikan kembali PNS yang dinonjobkan beberapa waktu sebanyak 12 orang. “Yang non job ada 12 orang sudah diangkat kembali,” kata Iwan setelah ada pembinaan.

Sedangkan yang telah dipindahkan lagi ke kabupaten setelah ditempatkan diberbagai kecamatan menurutnya juga ada namun berapa jumlahnya Iwan mengaku lupa.

Kemudian dari pada itu, berdasarkan informasi yang berhasil dirangkum, masih banyak PNS lingkup Pemkab Kuansing yang mengajukan permohononan pindah ke tempat lain, dan semuanya dalam proses.

Maka diperkirakan angka kepindahan PNS usai pemilukada di Kuansing cukup tinggi, terutama yang pindah merupakan mereka-mereka yang memiliki sumber daya manusia handal, dan berguna bagi tempat lain.

Salah seorang PNS yang pindah, Argausman, SH, MH seminggu yang lalu telah mengadakan makan bersama dikediamannya untuk melepas kepergian yang bersangkutan ke Kepulauan Anambas Provinsi Kepulauan Riau.

Tetangganya Almadi mengatakan, yang besangkutan berangkat dari Teluk Kuantan menuju Anambas, karena di Kuansing tidak dibutuhkan lagi, sementara tempat lain masih membutuhkannya.

Argausman sendiri mengaku telah lebih enam tahun bertugas di Kuansing dengan berbagai jabatan diantaranya Kabag Persidangan dan Risalah Sekretariat DPRD Kuansing, Kabid Kebudayaan Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga dan terakhir dicampakkan ke kantor Camat Kuantan Mudik.

Maka dirnya merasa tidak lagi diperlukan di Kuansing, jarak tempuh bekerja menurutnya sangat jauh dan sulit untuk bisa memenuhi kebutuhan transportasi. “Kalau minyak sudah res (sedikit, red), saya berpikir, bagaimana minyak mobil untuk besok lagi,” kata Arga.

Maka setelah melalui proses, dirinya diterima oleh Kabupaten Kepulauan Anambas Provinsi Kepulauan Riau, dan telah menjadi pegawai di sana terhitung semenjak 1 Maret 2012 mendatang.

Sedangkan Ir. Eriswan yang hadi dalam kesempatan tersebut mengaku sangat terharu dengan keberangkatan  Argausman, dia berharap dan sama-sama mendo’akan agar yang bersangkutan bisa lebih dihargai ditempat lain, terutama mendapatkan posisi yang baik. (noprio sandi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar