Minggu, 10 Juni 2012

Ninik Mamak dan Cucu Kemenakan Ompek Koto Lubuk Ambacang Doa Bersama

Data 28 Maret 2012


Dalam rangka mempererat tali silaturrahmi ninik mamak dan cucu kemenakan diwilayah Ompek Koto Lubuk Ambacang Kecamatan Hulu Kuantan Kuansing, mereka mengadakan doa bersama. Kegiatan itu juga dihadiri pihak Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi yang diwakili Sekda Drs. Muharman, M.Pd.

Acara yang digelar di Pulau Rona Desa Koto Kombu Kecamatan Hulu Kuantan Rabu (28/3) sore rombongan Pemkab Kuansing disuruh menaiki perahu Beganduang dari pangkal jembatan ke tempat acara.

Sekda Kuansing Drs. H. Muharman, M.Pd dalam kesempatan tersebut mengatakan, selain ninik mamak dan cucu kemenakan Ompek Koto Lubuak Ambacang yang mempererat tali silaturahmi, Pemkab Kuansing juga ingin mempererat tali silaturahmi terhadap ninik mamak dan cucu kemenakan wilayah tersebut.

Alasan itu menurut Muharman sangat penting, karena Kabupaten Kuantan Singingi baru saja menyelesaikan pesta demokrasi pemilihan umum kepala daerah, dimana saat pemilukada tersebut sempat berbeda pandangan, dan ditegasnya hal itu sudah selesai. “Ini sudah selesai, tidak ada lagi nomor 1, nomor 2,” tegas Muharman.

Karena dalam kehidupan tambah Muharman ada dua tata nilai yang harus dipatuhi, tata nilai adapt istiadat, seperti yang dilakukan saat itu, ninik mamak dan cucu kemenakan dimintanya saling koreksi, dan tata nilai kedua, tata nilai agama/Allah SWT.

Camat Hulu Kuantan Drs. Ahyan Armofis dalam kesempatan tersebut mengatakan kegiatan yang dilaksanakan kali ini sesuai dengan Perda Kuansing nomor 10 tahun 2002 tentang Pemberdayaan, Pelestarian dan Pengembangan Adat Istiadat, sehingga ninik mamak dan cucu kemenakan saling kenal.

Sementara itu salah seorang tokoh adapt dalam sekapur sirihnya M. Dasit Datuak Majo Ome mengatakan, diadakannya acara itu di Pulau Rona Desa Koto Kombu dikarenakan rumah adapt yang mereka miliki tidak bisa dipakai lagi, sehingga butuh perbaikan dimasa datang.

Dan Ketua Panitia Penyelenggara Syamsuddin Hasbi Datuak Paduko Rajo mengatakan diadakannya acara tersebut berdasarkan kesepakan ninik mamak untuk mendukung program pemerintah sesuai hasil rapat 17 Maret 2012 lalu, dengan pembentukan panitia.

Syamsuddin menyatakan tujuan acara tersebut dalam kiasan adapt “menhimpun yang terserak, menjalin yang taurai”, sehingga cucu kemenakan dimasa datang memiliki rasa malu dan berbudi luhur. (noprio sandi)


Teks fhoto
Doa-Sekda Kuansing Drs. H. Muharman, M.Pd didampingi anggota DPRD Andi Cahyadi, Konperensi, Juprisal, Camat Hulu Kuantan Drs. Ahyan Armofis menghadiri doa bersama ninik mamak dan cucuk kemenakan ompek koto Lubuk Ambacang. Rabu (28/3) di Pulau Rona Desa Koto Kombu Kecamatan Hulu Kuantan. (f. Noprio)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar