Minggu, 10 Juni 2012

55 Persen Masyarakat Kuantan Tengah Belum Daftar e-KTP

Data 29 Feb 2012


Meski program e-KTP telah dicanangkan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi beberapa waktu lalu, ternyata sekitar 55 persen masyarakat Kecamatan Kuantan Tengah hingga akhir Februari belum datang untuk mendaftar e-KTP tersebut. Akibatnya, Bupati Kuansing H. Sukarmis cukup gusar, bahkan sedikit mengancam terhadap masyarakat yang tidak mau buat e-KTP tersebut.

“e-KTP, Kuantan Tengah baru 45 persen yang mendaftar, sisanya 55 persen sekitar 16.500 lagi yang belum mendaftar e-KTP,” kata Sukarmis, Rabu (29/2) ketika memberikan arahan di halaman kantor Camat Kuantan Tengah bertepatan dengan pembukaan musrenbang tingkat Kecamatan Kuantan Tengah.

Karena banyaknya masyarakat yang belum mendaftar e-KTP tersebut, Sukarmis sedikit mengancam tidak akan memberikan sejumlah subsidi kepada mereka yang tidak mendaftar e-KTP itu. “Tanpa e-KTP, tidak akan saya kasih,” ancamnya.

Termasuk Sukarmis juga telah berkoordinasi dengan pihak perbankan agar tidak memberikan bantuan permodalan kepada mereka yang belum mendaftar e-KTP, termasuk bagi wali murid yang akan mengambil ijazah anaknya, bahkan bagi orang tua yang tidak mendaftar e-KTP juga anaknya tidak akan dibenarkan masuk ke sekolah tertentu, dan pemberlakukan ini baru untuk Kecamatan Kuantan Tengah.

Pembuatan e-KTP ini menurutnya juga untuk menertibkan administrasi kependudukan, karena selama ini banyak masyarakat yang memiliki KTP lebih dari satu, sehingga jumlah penduduk Indonesia menjadi lebih dari 350 juta jiwa.

Termasuk dirinya, Sukarmis mengaku memiliki tiga KTP, KTP Kecamatan Logas Tanah Darat, Kecamatan Kuantan Tengah (Kuansing), dan KTP Kota Pekanbaru.

Tidak hanya masyarakat, e-KTP ini juga diberlakukan terhadap polisi, dimana seorang polisi tidak dibenarkan lagi memiliki KTP swasta, melainkan hanya satu KTP yang data pekerjaannya polisi. (noprio sandi)

Teks fhoto
e-KTP-Ervin Alsir, warga Kelurahan Sungai Jering Teluk Kuantan melakukan perekaman e-KTP Rabu (29/2) di kantor Camat Kuantan Tengah. (f.Noprio) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar