Minggu, 10 Juni 2012

Jangan Jenuh Ajukan Usulan

Data 27 Feb 2012


Wakil Bupati Kuantan Singingi Drs. H. Zulkifli, M.Si meminta kepada masyarakat jangan jenuh mengajukan usulan pembangunan desa/kecamatan masing-masing. Meski berbagai usulan belum juga ada realisasinya.

Permintaan tersebut disampaikan Zulkifli, Senin (27/2) saat membuka secara resmi musrenbang tingkat Kecamatan Singingi. “Peserta tidak jenuh mengajukan usulan program untuk tahun 2013 mendatang,” pinta Zulkifli.

Karena sampai saat ini pengakuan Zulkifli pembangunan yang dilaksanakan berskala pririotas, kondisi ini terkait pembiayaan pembangunan sangat terbatas, sementara kebutuhan sangat kompleks, sehingga perlu berlapang dada untuk hal-hal yang prioritas ini.

Zulkifli menyadari, APBD Kabupaten Kuantan Singingi jika dibandingkan dengan daerah lain, APBD Kuansing relative lebih kecil, maka sebagai solusi dalam penyelesaian masalah ini mengedepan skala prioritas.

Pemkab Kuansing menurut Zulkifli menyadari pula infrastruktur masih banyak yang harus diperbaiki, makanya perlunya partisipasi masyarakat dalam membangun infrastruktur tersebut, jika tidak memungkinkan baru akan ajukan melalui dana APBD Kuansing, APBD Provinsi Riau bahkan sampai ke tingkat nasional. “Karena keterbatasan anggaran, tidak bisa diselesaikan dalam 1 tahun,” katanya.

Lebih ironis lagi, Zulkifli mengakui, untuk infrastruktur desa malah banyak yang belum tersentuh sama sekali akibat semakin dinamisnya dan konpleksnya masyarakat, maka akan dicarikan solusinya dalam musrenbang.

Maka disarankan Zulkifli usulan yang belum terealisasi perlu kembali diangkat kepermukaan pada musrenbang untuk pembangunan 2013, tidak boleh bosan, terutama dalam memperjuangkan kesejahteraan dalam bentuk perbaikan perekonomian masyarakat, karena masyarakat Kuansing hidup banyak disektor pertanian secara umum.

Dia juga menyarankan agar memprioritaskan Sumber Daya Manusia (SDM), karena saat ini salah satu permasalahan yang dihadapi jumlah penduduk terus bertambah, peluang sangat terbatas. Termasuk juga kondisi ekonomi terpengaruh secara nasional dan internasional.

Zulkifli juga menyarankan agar dalam musrenbang memperhatikan infrastruktur sarana pendidikan. “Tidak boleh diabaikan, terpengaruh kepada pertumbuhan penduduk, perlu ruang belajar, perluasan sekolah tahun 2013 ini,” katanya.

Dalam musrenbang disarankannya juga mencermati kondisi keuangan, adanya isu nasional kenaikan harga minyak, disamping adanya upaya oleh pemerintah pusat, namun juga pelu upaya oleh pemerintah dan masyarakat Kuansing mengatasi hal itu, karena Kuansing juga akan terimbas oleh kenaikan harga minyak itu. (noprio sandi)

Teks fhoto
pukul gong-Wakil Bupati Kuantan Singingi Drs. H. Zulkifli, M.Si memukul gong tanda dimulainya musrenbang tingkat Kecamatan Singingi. (f.Noprio)



Teks fhoto
Salam-Wakil Bupati Kuantan Singingi Drs. H. Zulkifli, M.Si menyalami masyarakat Kecamatan Singingi saat berkunjung ke kecamatan itu, Senin (27/2) lalu. (f.Noprio)



Teks fhoto
Sekda-Sekda Kuansing Drs. H. Muharman, M.Pd menyalami masyarakat ketika hadir pada acara musrenbang tingkat Kecamatan Singingi, Senin (27/2). (f.Noprio)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar