Minggu, 10 Juni 2012

Kebun Pangean Muncul Kepermukaan

Data 24 Feb 2012


Pembangunan kebun oleh masyarakat Kecamatan Pangean untuk meningkatkan perekonomian mereka telah muncul kepermukaan. Dimana terjadi benturan antara Tata Ruang Nasional dengan kebutuhan masyarakat yang ingin membangun kebun melalui koperasi.

Munculnya kepermukaan tentang pembangunan kebun tersebut diapungkan Wakil Bupati Drs. H. Zulkifli, M.Si, Kamis (23/2) ketika memberikan sambutan pada acara Pembukaan Musrenbang Tingkat Kecamatan Pangean.

Dimana dalam pembangunan kebun masyarakat tersebut perlu pengaturan tentang kawasan kehutanan, kalau tidak dipatuhi akan berurusan dengan aparat hokum, dan perjuangan masyarakat untuk meningkatkan perekonomian akan sia-sia.

Oleh sebab itu, Zulkifli mengharapkan masyarakat Pangean untuk sabar, terutama tentang upaya yang telah dilakukan meski telah membuat koperasi, membuka usaha diperbolehkan, namun ada keterbatasan kemampuan daerah.

Terkait hal tersebut, Kabid Pengembangan Usaha Kehutanan (PUK) Dinas Kehutanan Kuansing Syafriwan, SE mengaku kurang mengetahui secara persis apa permasalahan yang telah muncul ke permukaan di Pangean, dirinya mengaku tidak mengikuti acara Musrenbang di Pangean.

Meski demikian, dia hanya bisa berasumsi kalau permasalahan itu budi daya non kehutanan itu bisa dikerjakan diluar kawasan hutan, apabila budi daya, perlu melalui mekanisme pelepasan kawasan hutan.

Atau bisa jadi kawasan yang telah klaim oleh masyarakat tersebut dalam perizinan yang telah dikerjakan orang lain, karena telah ditinggal perusahaan karena takut berbenturan dengan masyarakat setempat. (noprio sandi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar