Minggu, 10 Juni 2012

Kesra Dikurangi, Anggaran Satker Meningkat

Data 24 Feb 2012


Akibat pengurangan dana kesra oleh Pemkab Kuansing kepada PNS dilingkungan pemerintah setempat, anggaran sejumlah satuan kerja terutama yang banyak menangani berbagai proyek jadi meningkat. Pengurangan ini terpaksa dilakukan akibat keterbatasan anggaran yang dimiliki Kuansing.

Hal tersebut ditegaskan Bupati Kuantan Singingi H Sukarmis, Rabu (22/2) lalu saat memberikan arahan pada peresmian Musyawarah Rencana Pembangunan (musrenbang) tingkat Kecamatan Logas Tanah Darat (LTD) di Perhentian Luas.

Dalam penganggaran kesra sebelumnya menurut Sukarmis, disedot APBD Kabupaten Kuantan Singingi sebesar Rp 128 M, ditambah pembengkakan anggaran untuk tenaga pramubakti yang telah dirumahkan sebesar Rp 15 M, sehingga diperkirakan mencapai mencapai Rp 150 M dipergunakan untuk kesra dan pramubakti.

Jika dana sebesar Rp 150 M itu diibaratkan Sukarmis peruntukannya untuk pembangunan pengaspalan jalan yang harga perkilometernya Rp 1,5 M, maka dalam setahun bisa dibangun pengaspalan jalan sepanjang 100 KM.

Maka penghematan dana kesra dan gaji tenaga pramubakti tersebut jika dipergunakan saja separuhnya untuk infrastruktur, Sukarmis berpendapat akan lebih jelas pendanaan berbagai infrastruktur melalui sejumlah satker.

Maka, sejumlah satker untuk tahun 2012 mengalami peningkatan pengalokasian anggaran dari tahun sebelumnya, diantaranya dicontohkan Sukarmis untuk Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Rp 62 M, Dinas Binar Marga dan Sumber Daya Air Rp 120 M, lebih besar dari tahun sebelumnya, serta untuk Dinas Pendidikan dari Rp 20 M menjadi Rp 42 M.(noprio sandi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar