Minggu, 10 Juni 2012

Daya Beli Masyarakat Menurun

Data 22 Maret 2012


Daya beli masyarakat Kabupaten Kuantan Singingi akhir-akhir ini trend menurun. Penurunan itu menyebabkan pedagang keliling mengeluh, untuk modal berdagang selanjutnya harus meminjam kepada yang lain.

Keluhan itu diantaranya datang dari Nurmastri, pedagang keliling yang biasa berjualan makan ke berbagai pasar di Kuansing, Benai, Muara Lembu dan beberapa tempat yang biasanya strategis.

Nurmastri mengaku akhir-akhir ini daya beli masyarakat diberbagai pasar jauh menurun, dia hanya bisa memprediksi, penurunan tersebut diantaranya semenjak terjadinya pengurangan dana kesra bagi Pegawai Negeri Sipil. “Biasanya pegawai itu kalau pulang kantor, beli makanan saya, setelah itu kadang kala bungkus sampai lima bungkus, kali ini tidak lagi demikian,” keluh Nurmastri.

Akibat kurangnya daya beli masyarakat di berbagai pasar tersebut, Nurmastri mengaku kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, termasuk kebutuhan modal untuk berdagang pada hari pasar selanjutnya. “Ya untung saja ada yang berbaik hati untuk meminjamkan modal apabila setiap saya mau berjualan, kemudian setelah itu diganti,” terangya.

Kesulitan mendapatkan modal untuk berdagang selanjutnya dirasakan Nurmastri sudah agak lama, sementara sebelum adanya pemotongan dana kesra pegawai, biasanya dia berdagang mendapatkan untung yang agak lumayan.

Dalam pada itu, pedagang di Pasar Muara Lembu Kecamatan Singingi Fitri mengaku jual beli ditempat mereka stagnan. “Biaso-biasonyo, kini awak la di counter Hp,” kata Fitri menjelaskan. (noprio sandi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar