Minggu, 10 Juni 2012

Usulan Musrenbang Yang Prioritas

Data 24 Feb 2012


Akibat keterbatasan anggaran yang dimiliki Pembab Kuansing, sementara semua kecamatan ingin selesai pembangunannya dengan cepat sesuai kondisi sosial fisik yang ada. Maka diterapkan system perencanaan dengan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (musrenbang), yang prioritas harus diusulkan.

Usul agar yang prioritas diusulkan tersebut disampaikan Wakil Bupati Kuansing Drs. H. Zulkifli, M.Si Kamis (23/2) saat memberikan arahan pada pembukaan musrenbang tingkat kecamatan Pangean di kantor camat setempat.

Usulan yang disampaikan masyarakat tersebut menurut Zulkifli akan akomodir melalui sejumlah pendanaan dan kemampuan yang ada, mulai dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), Anggaran Pendatapan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Riau, APBD Kabupaten, pihak swasta, sampai kepada swadaya masyarakat sesuai prinsip-prinsip musrenbang.

Kondisi tersebut sangat logika, karena kalau mengandalkan APBD Kabupaten Kuantan Singingi saja menurut Zulkifli, untuk Kecamatan Pangean saja tidak cukup dalam satu tahun, sementara kecamatan ada 12.

Disamping prioritas, dalam usulan musrenbang juga memperhatikan infrastruktur, karena infrastruktur menjadi akses penghubung untuk menghubungkan antar desa, termasuk adanya usulan Kecamatan Pangean yang mengusulkan kelanjutan pembangunan jembatan Pangean, dan ini dinilainya juga priorotas, maka pihaknya akan segera berkoordinasi dengan Gubernur Riau melalui Bappeda.

Juga terkait listrik diberbagai desa, Zulkifli berharap kedepan semua desa di Kecamatan Pangean bisa aliri listrik, sehingga program jaringan listrik ini juga akan menjadi prioritas, terutama untuk kawasan Pangean Selatan.

Menyangkut ketersediaan air bersih di Pangean juga menjadi perhatian pemerintah menurut Zulkifli, karena saat ini Pemkab Kuansing telah berupaya untuk membangun berbagai fasilitas air bersih, tapi belum optimal, karena diperlukan sumber daya manusia untuk mengoperasionalkannya, mengusahakan pemasukan dari penjualan air ini, sehingga peran serta masyarakat dalam membayar tagihan juga diperlukan.

Kemudian terkait pembangunan dibidang perekonomian di Kecamatan Pangean menurut Zulkifli saat ini memang telah muncul kepermukaan benturan antara tata ruang nasional dengan kebutuhan masyarakat akan pembuatan kebun, benturan itu terutama menyangkut kaidah-kaidah kehutanan, sehingga perlu pertimbangan dalam pengelolaan hutan, meski menggunakan koperasi. (noprio sandi)

Teks fhoto

Usulan prioritas-Masyarakat Kecamatan Pangean melalui Camat Pangean Novrion S.Sos membuat baliho usulan prioritas kecamatan itu dalam acara musrenbang tingkat kecamatan itu, Kamis (23/2) di kantor camat setempat. (noprio sandi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar