Minggu, 10 Juni 2012

Belum Jelas Pendistribusian BLSM

Data 28 Maret 2012


Konpensasi kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) dalma bentuk Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) di Kuansing belum jelas pendistribusiannya. Pasalnya Badan Pusat Statistik (BPS) dan PT. Pos Indonesia yang biasa terlibat belum ada mendapatkan informasi pendistribusian itu..

Kepala BPS Kuansing Jasril, SE yang ditemui Rabu (28/3) mengaku belum mengetahui sistim distribusi BLSM tersebut, bahkan pihaknya tidak mengetahui sama sekali data mana yang dipakai oleh pemerintah pusat untuk pendistribusian itu, karena belum ada pemberitahuan lebih lanjut, dan memang pihaknya baru-baru ini telah memiliki data terbaru. “Entah data yang lama, atau data yang baru, itu kami belum tahu,” katanya.

Pada tahap awal konpensasi BBM beberapa waktu lalu dalam bentuk Bantuan Langsung Tunai (BLT), pihaknya menurut Jasril memang dilibatkan, bahkan urusan dari desa langsung ke kantor BPS, namun untuk tahap selanjutnya telah diserahkan ke PT Pos Indonesia.

Ditempat terpisah, kepala PT. Pos Indonesia Teluk Kuantan Suhatman juga mengaku belum mengetahui system distribusi BLSM tersebut, karena belum ada pemberitahuan lebih lanjut kepada pihaknya untuk masyarakat Kuansing.

Cuma saja, Suhatman mengatakan kalau saat ini rencana kenaikan BBM tersebut belum final sama sekali, masih terjadi tarik ulur di DPR RI, dan dengan demikian jangankan untuk penyaluran, data siapa yang akan menerima saja, pihaknya belum mengetahui sama sekali.

Beranjak dari pengalaman sebelumnya, Suhatman mengatakan, kalau sebelum adanya penyaluran BLSM, PT. Pos Indonesia berkoordinasi terlebih dahulu dengan Pemkab Kuansing.

Kalaul untuk rencana BLSM kali ini diketahuinya Rp 150 ribu perorang/bulan selama sembilan bulan, itupun kalau prosesnya memakan waktu 2 bulan, dan pembayaran tiga bulan pertama di rapel, sehingga untuk penerimaan itu masyarakat mendapatkan Rp 450 ribu untuk tiga bulan pertama, setelah itu baru dilakukan, untuk tiga bulan berikutnya. (noprio sandi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar