Selasa, 19 Juni 2012

Guru Kuansing Sambut Baik Peluang STIS

Data 18 April 2012

Guru di Kabupaten Kuantan Singingi menyambut baik peluang kuliah bagi kelas III jurusan IPA serta tamanatan SLTA di Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS). Pasalnya sekolah ini semula bernama Akademik Ilmu Statistik (AIS) merupakan perguruan tinggi kedinasan yang diselenggarakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) sejak tahun 1958. STIS kembali memanggil pemuda/pemudi Indonesia yang memiliki motivasi tinggi untuk dididik menjadi ahli statistik.

“Oh ya, kalau memang seperti itu yang ditawarkan oleh sekolah itu, sangat bagus, dan kami menyambut baik, nanti akan kami beritahukan kepada murid-murid kelas III jurusan IPA disekolah kami,” ungkap Nela Marleni, SH, guru MAN Teluk Kuantan Kuansing, terkait adanya tawaran Ikatan Dinas dari STIS, terutama bagi murid yang kurang mampu menguliahkan anaknya ke perguruan tinggi.

Keberadaan tempat kuliah ini belum banyak diketahui masyarakat Kuansing, namun saat ini sebuah spanduk terpajang di depan kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kuantan Singingi di jalan Abdoer Rauf Teluk Kuantan, dan sejumlah keterangan terdapat dispanduk itu, termasuk website yang bisa dikunjungi www.stis.ac.id.
STIS menyelenggarakan program Diploma IV (D-IV) yang diterapkan dengan sistem paket yang dinyatakan dalam Satuan Kredit Semester (SKS) dan ditempuh selama 4 tahun. STIS memiliki 2 jurusan, yaitu Statistika dan Komputasi Statistik, di mana jurusan Statistika terbagi menjadi 2 bidang peminatan, yaitu Statistika Ekonomi dan Statistika Sosial Kependudukan. Lulusan STIS mendapat sebutan Sarjana Sains Terapan (S.S.T.).
Tahun Akademik 2012/2013, STIS menerima mahasiswa baru melalui dua jalur umum, yaitu Jalur Umum Ikatan Dinas dan Jalur Umum Tugas Belajar Instansi Non BPS.
Persyaratan dan Ketentuan, seleksi, sehat jasmani dan rohani (dapat dan layak untuk bekerja dan beraktivitas, baik di dalam ruangan mau pun di lapangan), tidak buta warna, dan bebas narkoba, lulus Ujian Nasional SMA Jurusan IPA atau MA Jurusan IPA. Bagi lulusan sebelum tahun 2012, memiliki ijazah SMA Jurusan IPA atau MA Jurusan IPA, dan bagi calon lulusan tahun 2012 memiliki Surat Keterangan Lulus (SKL) dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan pasfoto yang bersangkutan dan cap sekolah asal atau memiliki Surat Keterangan Hasil Ujian (SKHU) Nasional.
Nilai Matematika dan Bahasa Inggris masing-masing minimal 7,00 pada kelas XII semester I (bukan hasil pembulatan dan bukan rata-rata). Untuk mata pelajaran yang terdiri dari mata pelajaran kognitif (pengetahuan) dan afektif (keterampilan), yang dilihat adalah nilai mata pelajaran kognitifnya. Jika tidak ada mata pelajaran tersebut pada kelas XII semester I (karena penerapan sistem SKS), yang dilihat adalah nilai pada semester terakhir saat mata pelajaran tersebut diselesaikan.
Umur tidak lebih dari 22 tahun pada tanggal 1 Oktober 2012 (lahir tidak lebih awal dari tanggal 1 Oktober 1990), belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan di STIS.
Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain, bersedia mematuhi peraturan Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS), bersedia menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas (SPID) bagi yang dinyatakan lulus seleksi dan akan mengikuti pendidikan di STIS, setelah lulus, bersedia ditempatkan di unit kerja Badan Pusat Statistik (BPS) di seluruh Indonesia sampai ke tingkat kabupaten/kota.(noprio sandi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar