Selasa, 19 Juni 2012

Pisang Kuansing Datang Dari Sumut

Data 9 April 2012


Salah satu manfaat adanya transportasi langsung dari Medan Sumatera Utara ke Kota Teluk Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi dimanfaatkan masyarakat Sumut untuk mengirim barang. Termasuk sejumlah pisang juga dikirim dengan perkiraan pemasaran yang telah lancar di Kuansing.

Menurut Lusi, petugas agen Po. Makmur di Teluk Kuantan lusa, pisang memang sering dikirim dari Sumut, bahkan pengiriman itu telah berlangsung lama, dan diperkirakannya sudah ada tempat penampungannya di Kuansing.

Tidak hanya pisang tambahnya, sejumlah sayuran ternyata juga sudah mulai dikirim dari Sumut, cabe, bawang serta hasil pertanian lainnya, juga menggunakan bus Makmur yang memiliki trayek langsung Medan-Teluk Kuantan.

Warga lain Ujang ditempat itu mengatakan, warga Kuansing mulai terlena dengan bermalas-malasan, lahan banyak tidur, sehingga peluang tersebut dimanfaatkan warga asal Medan Sumatera Utara untuk mengambil peluang pasar atas kebutuhan masyarakat.

Lama kelamaan sejumlah hasil pertanian Kuansing akan kalah bersaing dengan hasil pertanian dari Sumut, dikarenakan tersedianya transportasi langsung dari Sumut-ke Kuansing.

Namun demikian, keberadaan Makmur ini ternyata juga bisa dimanfaatkan warga Kuansing untuk mengirim barang ke Medan, Sumut, Yuli warga Teluk Kuantan mengatakan, dirinya memanfaatkan jasa transportasi untuk mengirim baju batik untuk anaknya yang sedang kuliah di Medan.

“Padahal di Medan bisa dibeli baju batik, tapi anak saya itu mau minta kirimkan juga dari Teluk Kuantan, ya saya kirimkan, untung ada mobil bus Makmur ini, jadi saya juga terbantu olehnya,” kata Yuli.

Tidak hanya tujuan Medan, bus Makmur yang telah ada trayek sampai ke Teluk Kuantan juga dimanfaatkan warga Kuansing untuk kuliah ke Sumatera Utara, terutama bidang kesehatan. “Iya, saya lagi sekolah Akbid di sana (Sumut, red), pergi dan pulang biasanya menggunakan Makmur,” kata Lidia warga Kuansing yang kuliah di Sumut. (noprio sandi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar