Selasa, 19 Juni 2012

Perbedaan Signifikan Kuansing Dengan Rohil

Data 8 April 2012


Secara kasat mata, Kabupaten Kuantan Singingi memiliki perbedaan secara signifikan dengan Kabupaten Rokan Hilir terutama dalam artistic perkantoran dan kantor milik pemerintah lainnya.

Perbedaan itu sudah terlihat ketika memasuki kota Bagansiapiapi, di areal kompleks perkantoran mereka telah berdiri empat buah museum, Museum Sejarah, Museum Tionghoa, Museum Ikan dan Museum Muslim, kalau masuk Kuansing disuguhi pemandangan Sport Centre, Kuansing tidak memiliki satupun museum.

Rohil memiliki Taman Budaya, Taman Budaya ini memanfaatkan bekas tempat pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Riau yang ada di kabupaten itu, sementara Kuansing tidak ada, bekas astaka MTQ di Kuansing dibongkar dan tak berguna lagi.

Dilihat dari tugu, Rohil menyuguhkan tugu ikan, tugu elang serta beberapa tugu yang mencerminkan kondisi kawasan tersebut, sementara itu di Kuansing menyuguhkan tugu carano dan tugu pendidikan. “Untuk tugu elang itu menghabiskan dana Rp 800 juta lebih,” kata Bupati Rohil Annas Maakmun disela-sela peresmian Balai Wartawan.

Perhatian Pemkab Rohil terhadap tempat bermain anak cukup besar, disini ada patung harimau, buaya, udang, elang, rusa, gajah, nelayan, bola bumi serta areal bermain anak-anak, sementara Kuansing hanya mengandalkan taman jalur, disini bukan dicirikan untuk anak-anak melainkan secara global.

Kemudian dari estetika perkantoran, arsitektur perkantoran di Rokan Hilir bentuknya unik dan tak ada satupun perkantoran yang mirip, melainkan mencirikan bidang tugas kantor masing-masing, kalau kantor Arsip dan Perpustakaan ada gambar buku terbentang dibagian atas, sementara kalau di Kuasing, perkantoran pemerintah daerah bentuknya seragam, untuk kantor Perpustakaan dan Arsip malah tidak ada sama sekali.

Untuk Kota Bagansiapiapi, pemerintah sepertinya membiarkan masyarakat berusaha wallet dengan gedung bertingkat empat, kota ini dihibur dengan bunyi burung wallet yang merdu setiap saat, sedangkan di Kuansing, pemerintah berusaha untuk menghambat pengusaha wallet berusaha, dengan berbagai larangan yang dikeluarkan.

Untuk jalan dalam kota, Kota Bagansiapiapi sepertinya lebih banyak jalan jalur dua, menambah keindahan kota, sementara di Kuansing, jalan jalur dua hanya ada dibeberapa ruas jalan saja dengan jarak yang cukup jauh, tidak didalam kota. (noprio sandi)

Teks fhoto
Museum ikan-Museum Ikan, salah satu bangunan museum yang ada di Kabupaten Rokan Hilir, sementara di Kuansing tidak memiliki museum. (f.Noprio)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar