Selasa, 19 Juni 2012

Pembangunan Kuansing Fokus Draf RPJMD

Data 13 April 2012

Pembangunan Kabupaten Kuantan Singingi fokus terhadap draf Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), dengan prioritas utama infrastruktur, ekonomi, pendidikan dan kesehatan. Sesuai usulan masyarakat yang telah digiring dalam Musrenbang.

Fokus tersebut dikatakan Kepala Bappeda Kuansing Hardi Yacup, SP, M.Si, Jum’at (13/4) di ruang kerjannya. “Inftrastruktur jalan dan jembatan, infrastruktur pendidikan, bagaimana ekonomi bergerak dengan sendirinya, termasuk listrik. Untuk jalan, bagaimana orang menggarap lahan kalau tak ada jalan,” katanya.

Hardi mencontohkan jalan koridor yang dibuka oleh PT RAPP, disepanjang jalan itu, lahan telah habis digarap oleh masyararakat, namun sebelum ada jalan, lahan tersebut tidak tergarap sama sekali.

Makanya infrastruktur jalan ini termasuk menjadi perhatian oleh Pemkab Kuansing, termasuk keterlibatan pihak swasta dalam membantu inftrastruktur ini dibeberapa tempat.

Disamping jalan, Pemkab Kuansing menurut Hardi juga memfokuskan pada inftrastruktur pendidikan, sehingga diharapkan nanti tidak ada lagi sekolah yang butuh Ruang Kelas Baru (RKB) dan telah sudah terpenuhi meubelernya, tinggal lagi membangun ruang laboratorium, pustaka secara bertahap. “Yang penting itu RKB dan meubeler,” penekaran Hardi.

Saat ini disampaikannya, fisik bangunan sekolah di Kuansing cukup bagus dan layak untuk ditempati, tinggal beberapa sekolah membutuhkan RKB dan meubeler, kalau RKB jika anggaran Kuansing terbatas, maka diarahkan kepada Pemerintah Provinsi Riau dan meubeler dari dana Kuansing.

Fokus lainnya untuk infrastruktur kesehatan, bahkan pada tahun 2012 ini Pemkab Kuansing katanya telah membangun sarana dan prasarana kesehatan, membangun puskesmas rawat inap di Suka Raja, Singingi, Pehentian Luas dan puskemas rawat jalan Koto Rajo Kuantan Hilir.

Tinggal lagi untuk tahun 2013 katanya direncanakan pembuatan puskesmas rawat inap untuk Cerenti, Sungai Sirih Singingi dan dengan demikian jika sejumlah puskesmas rawat inap ini selesai, Cerenti melayani Cerenti dan Inuman, puskesmas rawat inap Baserah melayani Kuantan Hilir dan Pangean, puskesmas rawat inap di Lubuk Jambi untuk kawasan sekitarnya, sekarang sudah ada, Benai dan Teluk Kuantan bisa memanfaatkan RSUD.(noprio sandi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar