Selasa, 19 Juni 2012

Kuansing Sambut Baik PLTS Terpadu

Data 17 April 2012

Kabupaten Kuantan Singingi menyambut baik tawaran PLN Provinsi Riau untuk membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terpadu. PLTS ini diprediksi bisa menjadi alternative pemenuhan kebutuhan listrik masyarakat daerah terpencil, yang diperkirakan 5 sampai 10 tahun tidak akan dimasuki jaringan listrik.

Sambutan baik itu datang dari Kepala Bappeda Kuansing Hardi Yacub, SP, M.Si belum lama ini diruang kerjanya. “Kita menyambut baik, setelah dipanggil ke PLN Provinsi, katanya ada PLTS Terpadu,” kata Hardi.

Pembangunan PLTS terpadu tersebut menurutnya dibangun oleh pihak PLN, Kabupaten Kuantan Singingi hanya diminta menyediakan lahan saja seluas lebih kurang 2 ha.

Diatas lahan 2 ha tersebut, PLTS Terpadu dibangun dengan perkiraan bisa mengairi listrik masyararakat untuk satu desa, karena selama ini PLTS yang dikenal masyarakat hanya untuk satu PLTS untuk satu rumah, sedangkan PLTS terpadu untuk satu desa.

Maka untuk Kabupaten Kuantan Singingi desa yang diantaranya akan diprioritaskan Desa Pangkalan Indarung Kecamatan Singingi, lokasi desa ini cukup jauh dari jaringan listrik yang ada di Muara Lembu, dan diperkirakan sekitar lima sampai 10 tahun, desa ini belum akan dimasuki jaringan listrik.

Selain Desa Pangkalan Indarung, sejumlah desa Pucuk Rantau Kecamatan Kuantan Mudik juga berkemungkinan akan diarahkan kepada PLTS Terpadu ini untuk mengatasi permasalahan kebutuhan listrik.

Saat ini menurut Hardi, sejumlah desa di Kuansing masih banyak yang belum terairi listrk PLN, sehingga masyarakat terus mendesak pemerintah agar kebutuhan listrik mereka terpenuhi, termasuk kawasan Pangean Selatan, bagian seberang Sungai Kuantan.

Sedangkan untuk desa-desa yang berkemungkinan bisa ditempuh dengan jaringan listrik, desa tersebut tidak akan diarahkan kepada PLTS Terpadu, melainkan diarahkan kepada listrik PLN biasa. (noprio sandi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar